Pelayanan Rutan Balikpapan untuk Tahanan dan Warga Binaan Semakin Aktif di Akhir Pekan

    Pelayanan Rutan Balikpapan untuk Tahanan dan Warga Binaan Semakin Aktif di Akhir Pekan

    BALIKPAPAN - Rutan Kelas IIA Balikpapan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur terus mengoptimalkan pelayanan kepada tahanan dan warga binaan, khususnya di akhir pekan. Kegiatan ini bertujuan untuk menjamin kesejahteraan serta hak-hak mereka selama berada dalam rutan, dengan mengutamakan aspek keamanan, kesehatan, dan informasi yang komprehensif. Sabtu (02/11/2024)

    Salah satu layanan yang rutin dilakukan adalah kunjungan tatap muka bagi keluarga tahanan dan warga binaan. Kunjungan ini dilaksanakan dengan standar operasional prosedur (SOP) keamanan yang ketat, untuk memastikan kenyamanan serta keselamatan bagi semua pihak yang terlibat. Pihak keluarga dapat bertemu dengan tahanan secara langsung dan memiliki kesempatan untuk memberikan dukungan moral yang berharga.

    Selain itu, Rutan Balikpapan juga menyediakan layanan kesehatan yang didukung oleh tenaga perawat dan apoteker yang selalu siap melayani kebutuhan kesehatan para warga binaan. Mulai dari pemeriksaan kesehatan dasar hingga pemberian obat-obatan, setiap tindakan dilakukan secara profesional dan penuh perhatian.

    Pelayanan informasi pun tidak kalah penting. Dengan melakukan sistem jemput bola, petugas Rutan Balikpapan melayani pertanyaan terkait pengurusan administrasi, seperti tentang ketersedian vonis, hak hak warga binaan seperti informasi remisi, syarat-syarat pengajuan pembebasan bersyarat dan juga hal-hal yang terkait dengan integrasi. Dengan adanya pelayanan ini, tahanan dan warga binaan merasa lebih terbantu dalam memahami prosedur administrasi yang diperlukan selama menjalani hukuman.

    Kepala Rutan Balikpapan, Agus Salim, menegaskan komitmennya untuk selalu meningkatkan kualitas layanan ini. “Kami ingin memastikan bahwa setiap tahanan dan warga binaan mendapatkan hak pelayanan yang layak. Kami juga berupaya menjaga keseimbangan antara pemenuhan hak dan kewajiban dengan tetap memprioritaskan keamanan di dalam Rutan. Pelayanan yang humanis dan profesional menjadi fokus utama kami di Rutan Balikpapan, ” ujarnya.

    Muhammad Febri

    Muhammad Febri

    Artikel Sebelumnya

    Hadapi Transformasi Kementerian Baru Karutan...

    Artikel Berikutnya

    Kebersamaan Warga Binaan Rutan Balikpapan...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Mengenal Lebih Dekat Koperasi
    Cegah TB Dan HIV/AIDS  Rutan Balikpapan Gelar Screening
    Hendri Kampai: Jika Anda Seorang Pejabat, Sebuah Renungan dari Hati ke Hati
    Hendri Kampai: Indonesia Baru, Mimpi, Harapan, dan Langkah Menuju Perubahan
    Hendri Kampai: Kualitas tulisanmu adalah kualitas dirimu

    Ikuti Kami